Selasa, 17 Mei 2016

Good Boy!

Max sudah tak sabar memulai harinya. Sahabat kesayangannya belum juga nampak dari pagi. Seperi hari kemarin, Max sangat ingin bermain dengan sahabatnya itu. Max sudah mengenal sahabatnya ini sudah sangat lama, semenjak dia menyelesaikan pelatihannya di luar negeri bersama pelatihnya. Saat itu Max menjalani hari-hari penuh penempaan untuk menggapai impiannya memiliki seorang sahabat setia yang selalu siap untuk mengajaknya bermain.

Max tidak pernah tahu nama sahabatnya ini. Tapi Max sangat menyayanginya. Sahabatnya ini selalu mengajaknya bermain, merawatnya, bahkan selalu setia menemani Max bila dia sedang mengalami gangguan kesehatan. Max sebetulnya tidak terlalu suka untuk pergi ke dokter, namun kalau sudah ditemani sahabatnya ini, Max bisa mengesampingkan rasa enggannya untuk bertemu dokter.



Max tahu kadang sahabatnya ini kelelahan saat menemaninya bermain. Tapi sahabatnya ini selalu berusaha dengan sekuat tenaga untuk menemani Max bermain, ikut berlari-lari menemani Max berusaha menyembunyikan kelelahannya. Memang terkadang sahabatnya ini mengesalkan, misalnya ketika saat Max sedang tidak mood untuk bermain, tapi sahabatnya ini tetap mengajaknya bermain atau hanya sekedar berjalan-jalan sampai berlari-lari kecil keliling lapangan di sekitar tempat tinggal Max.

Kala sedang bermain, Max paling senang ketika sahabatnya ini berseru dengan lantang "Good boy!"

Saat sahabatnya berteriak lantang seperti itu, Max merasa adrenalinnya ikut meningkat sehingga dia menjadi semakin bersemangat untuk bermain. Permainan favorit Max adalah permainan menyembunyikan barang.

Entah di saat-saat tertentu, sahabatnya akan mengajak Max ke sebuah tempat yang sangat ramai. Banyak sekali orang yang berlalu lalang, datang dan pergi. Tempatnya besar sekali.

Sahabatnya akan membisiki sesuatu di telinga Max. Bahwa dia telah menyembunyikan sebuah barang diantara orang-orang itu dan Maxlah yang memiliki tugas untuk mencari di mana barang itu disembunyikan. Bagi Max itu tidaklah sulit. Dia sudah sangat terlatih. Cuma terkadang Max hanya sedikit merasa kelelahan atau merasa kurang nyaman. Tapi Max yakin, dalam setiap permainan yang dilakukannya bersama sahabat kesayangannya, dia akan berusaha semaksimal mungkin.

Max paling senang ketika dia berhasil menemukan barang yang ingin dicari oleh sahabatnya itu. Biasanya Max akan diberikan hadiah berupa mainan  favoritnya untuk dia mainkan sampai puas. Kalau barangnya sudah berhasil dicari, Max juga bisa merasakan betapa bahagia dan senangnya perasaan yang dirasakan oleh sahabatnya itu.

Max merasa dialah makhluk yang paling bahagia di dunia ini. Asalkan bisa menemani sahabat kesayangannya, dia sudah merasa bahagia apalagi ketika Max berhasil membantu sahabatnya menemukan barang yang disembunyikan dan ingin ditemukan oleh sang sahabat.

****

Pagi ini Made dengan langkah yang ringan dan penuh semangat sudah siap untuk beraksi. Dipersiapkannya beberapa peralatan untuk beraksi hari ini. Tidak lupa juga dia menyalakan mobil SUV yang sudah dimodifikasi bagian belakangnya hingga menjadi lebih luas untuk menempatkan beberapa kandang.

Setelah lengkap semua, barulah Made menemui Max. Sesaat mereka tidak saling berkata-kata tapi  saling memandang dengan penuh rasa antusias.

"Halo, Max," sapa Made

Max yang sebenarnya sudah tahu akan kedatangannya cuma menjawab singkat dengan penuh semangat.

"Guk.. guk..."

"How are you today, Max. We're gonna play all day together"

Made sudah bertekad hari ini dia akan berhasil menemukan penumpang yang mencoba untuk menyelundupkan narkotika melalui bandara.
Dengan sigap Made menggulung lengan seragamnya sebelum memasangkan rantai di leher Max.

Terpampang jelas logo K-9 kebanggaan Made terbordir rapi di lengan kanan seragam kerjanya.

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar